SOSIALISASI PENYUSUNAN RKAKL 2014

Banaran- Dalam rangka persiapan penyusunan RKA-KL 2014, bagian Perencanaan baru saja melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyusunan RKA-KL yang berlangsung pada tanggal 11 s/d 12 Juni 2013 di Banaran Resort Bawen kabupaten Semarang. Kegiatan tersebut, diikuti oleh seluruh Kepala Bagian dan Kasub yang membidangi perencanaan dan keuangan.

Tujuan kegiatan ini adalah agar para peserta memahami proses penyusunan anggaran dan mampu mengaplikasikannya dalam format aplikasi RKA-KL. Selain itu,diharapkan mereka terbiasa merencanakan program dengan teliti dan akurat serta memperhatikan prinsip-prinsip perencanaan.

Acara ini dibuka  oleh Rektor, dalam sambutannya, Rektor IAIN Walisongo Prof. Dr. H. Muhibbin, M.Ag, menekankan agar dalam menyusun program anggaran harus yang rasional. Artinya antara pendapatan dan penerimaan agar seimbang, jangan sampai terjadi pelaksanaan program minus karena target pendapatan tidak terpenuhi. Beliau mencontohkan untuk anggaran yang bersumber dari BLU, tahun kemarin minus kurang lebih 800 juta. Ini karena perencanaannya  kurang jeli sehingga untuk memenuhi kekurangan terpaksa harus mengambil saldo awal tahun. Hal ini kurang mendidik dan menyebabkan BLU semakin lama semakin sedikit saldonya. Lebih lanjut rector wanti-wanti agar semua bagian, lembaga, unit menganggarkan kegiatan sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga memperhatikan kekuatan anggaran yang ada.

Rektor menambahkan, “sudah saatnya IAIN Walisongo memberikan perhatian yang serius terhadap pengembangan bisnisnya. Banyak hal yang dapat dilakukan sebetulnya,cuma tinggal semangat untuk melakukannya yang harus terus dipacu. Sudah lama saya menyarankan, agar KPRI membuat terobosan bisnis sambil promosi. Misalnya membuat souvenir untuk para tamu yang datang berkunjung ke IAIN Walisongo. Dengan cara demikian maka IAIN akan mendapat dua¬† keuntungan, yaitu business dan promosi”.

2 thoughts on “SOSIALISASI PENYUSUNAN RKAKL 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>